Indonesia English

Indonesia State Of Piracy 2023

Ditulis pada Rabu, 06 September 2023 | Kategori: Kegiatan | Dilihat 1262 kali

Park Hyatt, Jakarta – 30 Agustus 2023

Indonesia State of Piracy 2023 merupakan pertemuan yang diadakan pertama kali antara AVIA dengan perusahaan – perusahaan Broadcast dan VOD utama baik Internasional maupun nasional, di tengah maraknya trend Industri OTT Nasional menjadikan industri TV Subscribe mengalami transisi platform teknologi yang cukup significant, perubahan tersebut tentu saja bagi Industri TV Berlangganan Nasional mengubah penanganan piracy menjadi strategi bentuk baru bagi Industri, dengan latar belakang ini CAP (Coalition Anti Piracy) membuat forum khusus dengan tema on line video piracy pada satu paket kegiatan seminar Indonesia in View Th 2023 yang diadakan  oleh AVIA (Asia Video Industry Association) pada tanggal 30 dan 31 Agustus 2023, Park Hyatt - Jakarta .

Pada pembukaan acara Indonesia State Piracy, Lois Boswell CEO, AVIA memberikan Key Note menjelaskan  peran AVIA bekerja sama dengan AVISI dalam penanganan on line video piracy sebagai berikut ;

“Kami sangat senang bisa bergabung dengan AVISI untuk melanjutkan perjuangan melawan pembajakan video online,” kata Louis Boswell, CEO AVIA. Boswell juga mencatat, “Pembajakan adalah satu-satunya masalah terbesar yang dihadapi industri video dan untuk menyelesaikan masalah ini harus ada pendekatan berbagai sektoral. Dengan berdirinya AVISI, Chairman AVIA  meyakini akan keterlibatan yang lebih besar dengan industri di Indonesia untuk terus berupaya mencapai solusi.

Matthew Cheetham , GM , Coalition Again Piracy (CAP) AVIA , menjelaskan peranan CAP  sebagai organisasi B to B di AVIA dalam penanganan Piracy di kawasan Asia Pacific.

  • CAP merupakan kepanjangan tangan dari AVIA dalam penanganan anti Piracy dari AVIA
  • AVIA adalah  lembaga non profit  yang dibentuk  untuk Industri TV dan Video Streaming di Kawasan Asia Pacific.
  • CAP berkolaborasi dengan stakeholder di berbagai negara guna memberikan dampak yang melekat pada program antipiracy dalam hal strategis pasar setiap negara di kawasan Asia Pasifik.
  • CAP menyediakan data – data penelitian dan analisis piracy.
  • CAP mendorong penegakan hukum dan setiap gangguan akibat pembajakan
  • CAP akan selalu melibatkan pemerintah, industry dan lembaga mediasi dalam penangangan pembajakan di setiap negara.

Beberapa  data pencapaian tingkat  penanganan pembajakan di Indonesia yang disampaikan dalam presentasinya meliputi ;  ISDs 12%, Streaming & Torren Sites 14%, Apps 11%, Social Media 37%.

Ajeng Parameswari, Sekretaris Jenderal AVISI, menekankan misi pokok  di balik berdirinya AVISI: “AVISI didirikan untuk menumbuhkan ekosistem yang berkembang bagi industri kreatif digital, yang selaras dengan model bisnis video streaming. Namun, tantangan utama yang kita hadapi saat ini adalah ancaman pembajakan yang meluas.”

Kegiatan Seminar dilanjutkan  dengan menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) di Jakarta. Penandatanganan yang diadakan pada acara seminar  Pembajakan Koalisi Melawan Pembajakan (CAP) ini merupakan ajang kerja sama antara AVIA dan AVISI guna memerangi pembajakan online di Indonesia dan meningkatkan kesadaran akan upaya untuk memerangi pembajakan online di Indonesia.

MOU ini akan menjadi langkah maju yang signifikan bagi AVIA dan AVISI dalam menggabungkan sumber daya mereka untuk memerangi pembajakan online di Indonesia dan melindungi industri kreatif dan media di Indonesia. Penandatanganan MOU tersebut juga dihadiri oleh perwakilan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Ir. I NYOMAN ADHIARNA, M.Eng, Ph.D Direktur Ekonomi Digital Kominfo dengan menyampaikan bahwa Kominfo akan terbuka untuk berkolaborasi pada bagian pembangunan ekonomi digital. Acara  dilanjutkan dengan panel pada State of Piracy Summit yang diselenggarakan oleh AVIA dan dihadiri oleh perwakilan Kominfo dan AVISI. Beberapa Tema panel yang didakan a,l :

  1. The Rise of New Video Video Content Threat : Focus on CDN Leeching
  2. Korea – A Model to Follow Protection
  3. Internasional Perspective on Fighting Piracy in Asia Pacific.
  4. Technology Piracy – Nagra Showcase
  5. Piracy in Indonesia- Getting on Top of Things

Pada akhir acara diskusi panel perwakilan dari anggota AVISI Vision+, Video dan Telkomsel menandai  catatan perjuangan melawan pembajakan melalui platform media daring (OTT), dengan menegaskan perlunya kolaborasi untuk  dedikasi dalam melindungi  industri kreatif digital yang bebas dari pembajakan dengan memberikan perlindungan hukum terhadap konten serta menutup akses bajakan dari berbagai platform  agar  dapat memastikan kreativitas tumbuh subur dan pembajakan menjadi berkurang.

Asosiasi Penyelenggara Multimedia Indonesia hadir pada acara tersebut  mendapatkan catatan, bahwa kegiatan seminar membahas khsusus  on line piracy yang diadakan oleh AVIA merupakan awal bagi penghargaan terhadap apresiasi bisnis konten  dan membuka peluang pasar baik nasional maupun internasional di era Transformasi Digital.

Rpp/APMI-PORTAL/VIII/23

 

Update Berita

Indonesia State Of Piracy 2023

Indonesia State Of Piracy 2023

Park Hyatt, Jakarta – 30 Agustus 2023 Indonesia State of Piracy 2023 merupakan pertemuan yang diadakan ...

Hubungi Kami

  • Alamat Kami:
    Menara Multimedia Lantai 15 Jl. Kebon Sirih No. 12 Jakarta Pusat 10340
  • +62213860500,
  • riopanca@gmail.com, riopanca@apmi.or.id