Indonesia English

Hadirkan Tiga Saksi dari APMI

Ditulis pada Kamis, 08 Oktober 2015 | Kategori: Online | Dilihat 2810 kali

Sidang Kasus Dugaan Pelanggaran Hak Siar


BALIKPAPAN - Setelah dinyatakan lengkap atau berstatus P-21, berkas perkara kasus dugaan tindak pidana pendistribusian siaran televisi berlangganan tanpa izin, oleh PT Bukadri Vision disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Balikpapan, Selasa (3/3).
 
Duduk di kursi pesakitan adalah Pimpinan Bukadri Vision, Rachmansyah Kadri selaku terdakwa. Sementara sidang dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim Ridwanto dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Fadjar. Sidang kali ini menghadirkan tiga orang saksi fakta dari pihak korban, yakni PT MNC Sky Vision Tbk.
 
Diketahui, jika kasus yang menjerat Bukadri Vision lantaran dugaan telah menyiarkan tanpa kontrak kerja sama sejumlah hak siar eksklusif yaitu Channel AXN, HBO dan HBO Hits yang hak siarnya dimiliki PT MNC Sky Vision Tbk. Penyiaran yang dilakukan pada September 2013 itu dijual kepada masyarakat tanpa seizin PT MNC Sky Vision dengan metode berlangganan.
 
Ketiga saksi yang dihadirkan, yakni dari pihak Asosiasi Pengusaha Multi Media Indonesia (APMI) yang menaungi PT MNC Sky Vision selaku anggota APMI. Mereka merupakan  Legal Officer APMI, yaitu Suroso, Dwi Utomo, dan Santo Nainggolan.
 
Dalam keterangannya kepada Majelis Hakim, Dwi Utomo mengatakan bahwa APMI bertugas mengawasi sejumlah hak siar eksklusif agar hanya digunakan oleh LPB (Lembaga Penyiaran Berlangganan) yang telah memiliki hak siar. Untuk perkara ini, pihak APMI kata Dwi, menemukan indikasi pelanggaran hak siar oleh PT Bukadri Visioan selaku LPB karena menayangkan sejumlah hak siar seperti AXN, HBO, dan HBO Hits.
 
"Jadi dari Sabang sampai Merauke, untuk konten channel itu (AXN, HBO, HBO Hits. Red) yang punya hak siar hanya PT MNC Sky Vision. Karena telah memiliki izin siar," terang Dwi.
 
Majelis Hakim juga sempat menanyakan kepada saksi terkait mekanisme pengawasan yang dilakukan oleh APMI. Lantaran, dugaan pelanggaran semacam ini, bisa saja juga dilakukan oleh LPB lainnya. Dalam sidang tersebut, juga ditayangkan sejumlah bukti rekaman gambar video yang menampilkan jika LPB PT Bukadri Vision telah menayangkan channel tersebut.
 
Sementara itu, Suroso mengatakan bahwa pada September itu, dirinya melihat tayangan tersebut dari sebuah hotel di Balikpapan. "Ya, waktu itu saya heran kok channel ini ada di LPB yang bukan dari PT MNC Sky Vision. Tapi malah dari PT Bukadri Vision, yang tidak ada izinnya," ujar Suroso.
 
Usai persidangan, Alfonso Gultom selaku kuasa hukum terdakwa mengatakan bahwa keterangan para saksi dinilainya masih mengambang, Banyak hal menurutnya yang masih kurang jelas disampaikan oleh saksi. "Bagi kami keterangan saksi tersebut masih sangat mengambang sekali," ungkapnya.

Sumber: http://www.balikpapanpos.co.id/berita/detail/151744-hadirkan-tiga-saksi-dari-apmi.html

 

Update Berita

Indonesia State Of Piracy 2023

Indonesia State Of Piracy 2023

Park Hyatt, Jakarta – 30 Agustus 2023 Indonesia State of Piracy 2023 merupakan pertemuan yang diadakan ...

Hubungi Kami

  • Alamat Kami:
    Menara Multimedia Lantai 15 Jl. Kebon Sirih No. 12 Jakarta Pusat 10340
  • +62213860500,
  • riopanca@gmail.com, riopanca@apmi.or.id