Indonesia English

Perkembangan Bisnis Dan Teknologi Multimedia di Indonesia

Ditulis pada Senin, 06 Oktober 2014 | Kategori: Artikel | Dilihat 9223 kali

Dalam partisipasi sebagai anak bangsa berdirinya APMI sejak tahun 2002 banyak berupaya memberi inspirasi bagi konstribusi pertambahan nilai ekonomi nasional dalam pembangunan dan pemanfaatan Teknologi Informasi yang terus berkembang. Melalui bentuk forum kegiatan yang diadakan oleh Asosiasi Penyelenggara Multimedia (APMI ) beberapa fenoma perubahan telah tercatat menjadi perkembangan trend baru dibidang Teknologi Informasi sehingga akan mengubah gaya hidup serta kaidah dan kebiasaan dalam mengikuti perkembangan terkini teknologi informasi dan akan terus menjadi inovasi baru di Indonesia,

  1. Penyaluran Informasi berkembang dengan format Teknologi Multimedia
  2. Perangkat infrastruktur dan perangkat penerima yang tersebar akan menggunakanteknologi digital
  3. Jaringan Teknlogi Informasi akan terakses dengan kapasitas pita lebar (Broadband)dan nirkabel (Wireless)
  4. Telekomunikasi yang sebelumnya hanya menangkap suara berkembang menjadi sebuah informasi yang luas dengan akses gambar video, teks dan data yang tertintegrasi
  5. Konsep jaringan telekomunikasi dan informasi sepenuhnya akan diisi oleh industri konten yang sebelumnya teknologi informasi terbatas dengan sircuit switch berkembang sepenuhnya dengan IP Network dan paket switch
  6. Jangkauan komunikasi dan informasi menjadi bebas lebih dari melewati batas-batas wilayah (Transborderless)
  7. Peraturan regulasi dampak dari Teknologi Informasi menjadi terbuka dan konvergensi.

 

Dinegara negara maju seperti Amerika Serikat perkembangan business Multimedia berkembang menjadi quadreple play bundled pada satu paket jasa meliputi voice, broadband,entertaiment dan mobile service dengan diiringi transisi perubahan perkembangan bisnis menjadi platform baru bisnis informasi yang berpadu dengan perengkat teknologi informasi yang berkembang;

  1. Business Model dari bisnis Televisi berubah menjadi TV network , Jam tayang serta trend Tv Program tidak lagi dikemas dalam satu paket umumnya sebagai provider.
  2. Media Industry termasuk Tv News, entertainment broadcaster and news publisher dalam bisnisnya dominasi penghasilan adalah dari periklanan baik pada acara Tv atau program-program berita, Demikian juga dengan media surat kabar disamping bisnis intinya editorial juga dari periklanan. Perkembangan dari platform teknologi baru menjadikan periklanan berembang menjadi bisnis konten seperti Video on demand distribution
  3. Service Provider Industry seperti Tv Operator Satelit dan kabel, Operator Jaringan Cellular dan ISP sudah berkembang dengan menerapkan Multimedia Service Operation.
  4. Jasa Internet (Internet Service) banyak mengembangkan konten-konten Tv Internet, konten video banyak berperan dalam memperbesar kapasitas konten dalam standart video player pada website yang dimiliki perusahaan internet seperti IPTV dan TV On Line.
  5. Perkembangan dari Jasa – jasa informasi tersebut memberikan juga pada peluang bagi pengembangan kontennya dan creative digital baik dalam bentuk content developer ataupun production house. (Trend ;Tumbuh Kembang Local Film Animation, Tv Animation , Kurikulum DKV di Campus)

 

Bussiness Model seperti itu tentunya telah menjadi industry yang menghasilkan banyak devisa dalam kancah bisnis internasional, bagaimana sosialisasinya bagi negara tentunya menjadi sebuah tantangan bagi seleuruh stake holder di Indonesia.

Sumber : APMI/2014

 

Update Berita

MNC Group Laporkan Dua TV Kabel ke Polda Sulteng

SULTENG - PT Digital Vision Nusantara yang berada di bawah naungan MNC Group melaporkan dua ...

Hubungi Kami

  • Alamat Kami:
    Menara Multimedia Lantai 15 Jl. Kebon Sirih No. 12 Jakarta Pusat 10340
  • +62213860500,
  • riopanca@gmail.com, riopanca@apmi.or.id