Indonesia English

BINUS UNIVERSITY dan Asosiasi Penyelenggara Multimedia Indonesia (APMI) Menggelar Workshop Animasi Indonesia 2016

Ditulis pada Rabu, 16 November 2016 | Kategori: Kegiatan | Dilihat 4271 kali

Jakarta, 20 Oktober 2016 - Bertempat di Aula lantai 8, BINUS UNIVERSITY Kampus Anggrek, Jurusan Animasi BINUS UNIVERSITY bersama Asosiasi Penyelenggara Multimedia Indonesia (APMI) menyelenggarakan Workshop & Show Case Animasi Indonesia 2016., Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM selaku Rektor BINUS UNIVERSITY mengungkapkan bahwa kerjasama APMI dari pihak penyelenggara penyiaran digital dan BINUS UNIVERSITY selaku penyedia Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya dalam hal ini dibidang digital animasi, dapat menjadi awal dimulainya industri animasi Indonesia melalui kegiatan  workshop  startup yang bertemakan “ Potensi Pengembangan Digital Animasi di Indonesia”.

 

Melalui kegiatan ini, BINUS dan APMI mengupayakan menjadi fasilitator pada industri creative digital yang dapat mewadahi aspirasi dan kegiatan konten  anggota untuk bisa bekerjasama dengan operator multimedia sebagai market place.

 

“Saat ini begitu banyak media yang menggunakan animasi sehingga kebutuhan sumber daya manusia dibidang animasi pun terus meningkat. Hal ini bisa dilihat pada setiap film, iklan, acara-acara TV, video klip, dan sinetron yang kita tonton di TV pasti mengandung unsur animasi. Oleh sebab itu konten multimedia digital yang merupakan salah satu hasil industri kreatif diharapkan dapat berkembang menjadi industri yang menjanjikan”, ungkap Agus Mulyanto selaku Ketua Umum APMI.

 

Dalam acara tersebut turut hadir Direktur Elektronik & Telematika Kementrian Perindustrian RI - Achmad Rodjih Almanshoer bersama Kepala Subdit Manajemen Pelaksanaan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Muhammad Azhar Iskandar Zainal untuk menjadi keynote speaker.

 

Acara yang dibagi dalam 4 sesi ini menghadirkan pembicara-pembicara yang sudah pakar dibidangnya untuk membawakan diskusi panel. Mereka adalah Sei Young Cheong (Head of Production MNC Animation), Andi Martin (CEO Kratoon Channel), Andriansyah - Creator film animasi dari PT Kojo Anima (Masyarakat Industri Kreatif TIK Indonesia/ MIKTI) dan Anam Fatoni selaku dosen Animasi BINUS UNIVERSITY. Sebagai penutup, creator komik Si Juki, Faza Ibnu Ubaidillah yang juga merupakan CEO Pionicon Management, memberikan workshop tentang “Proses Produksi & Manajemen Startup Bidang Animasi”.

 

Michael Wijaya Hadipoespito yang merupakan Managing Director BINA NUSANTARA sekaligus sebagai Bendahara APMI mengungkapkan bahwa tujuan utama acara ini adalah memperkenalkan produk animasi yang dihasilkan oleh creator animasi kepada operator dan tv. Oleh sebab itu, pada kesempatan tersebut para tamu dari industri operator dan TV  juga diajak untuk melihat pameran animasi dari berbagai creator animasi seperti dari mahasiswa jurusan Animasi BINUS UNIVERSITY, Pionicon Management, PT Kojo Anima, Rumah Animasi, PT Indonesia Animasi Teknologi (AINAKI), MNC Animasi dan Cimahi Creative Association (CCA).

 

 

Update Berita

Indonesia State Of Piracy 2023

Indonesia State Of Piracy 2023

Park Hyatt, Jakarta – 30 Agustus 2023 Indonesia State of Piracy 2023 merupakan pertemuan yang diadakan ...

Hubungi Kami

  • Alamat Kami:
    Menara Multimedia Lantai 15 Jl. Kebon Sirih No. 12 Jakarta Pusat 10340
  • +62213860500,
  • riopanca@gmail.com, riopanca@apmi.or.id