Indonesia English

Undangan FGD Digital Inclusion dan Buka Puasa Mastel

Ditulis pada Kamis, 06 Juli 2017 | Kategori: Kegiatan | Dilihat 275 kali

Jakarta 16 Juni 2017

Masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL) pada, Jum’at, 16 Juni 2017, menyelenggarakan acara Buka Puasa Bersama dan FGD tentang Digital Inclusion, yang diselenggarakan di Mercantile Athletic Club, Gedung WTC 1 Lt. 18, WTC Sudirman, Jl Jend. Sudirman Kav 29-31 Jakarta Selatan.

Tujuan dari FGD ini adalah dalam rangka mendefinisikan kerangka acuan riset, indicator dan mendapatkan masukan dari para pakar dan otoritas yang berkaitan dengan lingkup riset. Selain untuk meningkatkan silaturahim di antara keluarga besar MASTEL dan mitra. Ketua Umum MASTEL Kristiono memberikan padangan bahwa kegiatan yang diselenggarakan  merupakan salah satu agenda MASTEL dalam pemberdayaan e-commerce dan pemanfaat digital ekononomi dalam negeri yang sudah punnya index, dalam penjelasan ada beberapa indicator penelitian awal yang akan dilaksanan bersama – sama APJII dan ATSI yang meliputi;

  • Konektivitas
  • Aspek Keterjangkauan
  • Skill dan Awareness
  • Local Related Content (Local Wisdom)
  • Security and Sovereignity.

Sedangkan Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara menambahkan dalam sambutannya bahwa rencana penelitian yang dilaksanakan oleh MASTEL yang bekerjasama dengan APJII dan ATSII dapat memperkuat Index Prestasi ICT secara nasional memperhatikan catatan dari  perbandingan dengan negara tetanga pemanfaatan Index TI di Indonesia menjadi melemah tanpa adanya dukungan penelitian , disamping itu kegiatan penelitian juga dapat memanfaatkan pusat literasi dan penelitian yang ada dilingkungan Kementerian, Pada kesempatan kegiatan yang diadakan APJII berpartisipasi mempresentasikan Dashboard Laporan Hoax di Indonesia dengan melampirkan alamat elektronik apabila ada laporan pelanggaran kode etik di media sosial.

Mengamati dari kegiatan FGD tersebut, APMI mencatat bahwa pemerintah seyogyanya telah mempersiapkan Undang – undang dalam bidang digitalasi dari berbagai aspek pembangunan dan industri terkait dengan memperhatikan Undang –Undang yang sudah terbentuk seperti  UU ITE dan perlindungan Perangkat Lunak  Komputer yang tercantum dalam UUHC Nasional  guna memasuki era digital ekonomi dan industri kreatif yang sedang trend dewasa ini.

 

 

Rpp/APMI/2017

 

Update Berita

Kegiatan Pembahasan Kelompok Kerja ICT pada RAKORNAS KADIN Tahun 2017

Dalam rangka menyelaraskan kebijakan dan langkah-langkah Kamar Dagang Industri (KADIN) ke depan, Kadin mengadaka acara ...

Pandangan Hukum CEO Diamond World Soal GO TV Kabel dan Chanel MNC Grup

NusantaraNews.co, Kepri – CEO Diamond World, Andi Kusuma SH. Mk.n angkat bicara terkait adanya tanggapan ...

Customer Service

Ada Pertanyaan? Silahkan menghubungi customer service kami:

Rio Pancaputra

Hubungi Kami

  • Alamat Kami:
    Menara Multimedia Lantai 15 Jl. Kebon Sirih No. 12 Jakarta Pusat 10340
  • +62213860500, +6285102435089
  • 08158802929
  • riopanca@gmail.com, riopanca@apmi.or.id