Indonesia English

Forum Group Diskusi (FGD) Komisi Penyiaran Indonesia Pusat I (KPIP)

Ditulis pada Senin, 23 Februari 2015 | Kategori: Kegiatan | Dilihat 3624 kali

Jakarta  Tanggal 5 November 2014

Forum Group Discussion (FGD) yang diadakan oleh KPI Pusat menandai upaya penentuan ketentuan regulasi dibidang industry TV Berlangganan (LPB), diskusi ini diadakan disekretariat pusat KPI  adalah  dalam rangka memperjelas posisi periklananan dan produksi in house pada pelaksanaan pengaturan di bidan Lembaga Penyiaran Berlangganan (LPB) , Dari sudut pandang KPI yang dipresentasikan oleh Komisioner KPI  Amirudin (Komisioner bidang Pengelolaan Struktur dan Sistem Penyiaran) , Azimah  Subagijo (Koordinator bidang Pengelolaan Struktur dan Sistem Penyiaran)  dan Danang  Sangga Buana (Komisioner  Struktur dan Pengelolaan Sistem Penyiaran) bahwa periklanan dan in house production secara payung hukum tidak bisa disamakan dengan LPS melalui runutan peraturan perundang – undangan dan P3SPS, akan tetapi dari para peserta Asosiasi APMI , ATKI dan KPID memberikan pandangan dari industry yang secara payung hukum telah memenuhi peraturan dan ketententuan penyiaran memberikan pandangannya sbb;

  1. Layaknya konten provider,  Prinsipnya regulasi  telah jalankan, hanya saja ada pemilihran: in house ini sebenarnya (buat teman lokal) untuk membangun kreativitas, ini tidak mungkin didapat di LPS, karena waktu yang terbatas. In house salah satu cara untuk bs meningkatkan SDM, kreativitas program. Sekarang ini ekonomi industri kreatif. Animasi ini nanti mau hidup dimana? LPS tidak mungkin, maka bisa hidup di LPB.
  2. Selain itu Problematika LPB, selain masalah perizinan dan sensor, iklan asing  harus  dilihat makronya . Apa yang membuat itu terjadi? Sebab kemampuan masing2 LPB berbeda. Sangat sulit diberlakuan pada operator  analog. Untuk hal tersebut P3SPS LPB tidak serigit LPS sesuai bentuk yang berlaku dari industry TV Berlangganan.
  3. Problematika LPB dari APMI yang paling utama ,  bagi APMI cukup gencar dengan piracy, ini perlu disikapi oleh KPI dan rekan didaerah. Kaitannya dengan Hak Siar.kita jangan lupa kasih izin tapi harus diawasi. APMI akan memperhatikan  dengan monopoli. Jangan sampai seperti di Telco  dengan banyaknya illegal operator menjadi persaingan usaha menjadi tidak sehat.

Seluruh hasil diskusi yang diadakan oleh KPI adalah dalam upayakan lebih mendekatkan regulasi yang dibentuk oleh regulator dengan industrinya yang dijalankan oleh pemain-pemain dari Industri Penyiaran Berlangganan (LPB).                                

 

Update Berita

Indonesia State Of Piracy 2023

Indonesia State Of Piracy 2023

Park Hyatt, Jakarta – 30 Agustus 2023 Indonesia State of Piracy 2023 merupakan pertemuan yang diadakan ...

Hubungi Kami

  • Alamat Kami:
    Menara Multimedia Lantai 15 Jl. Kebon Sirih No. 12 Jakarta Pusat 10340
  • +62213860500,
  • riopanca@gmail.com, riopanca@apmi.or.id