Indonesia English

Kegiatan Pembahasan Kelompok Kerja ICT pada RAKORNAS KADIN Tahun 2017

Ditulis pada Jumat, 17 November 2017 | Kategori: Kegiatan | Dilihat 63 kali

Dalam rangka menyelaraskan kebijakan dan langkah-langkah Kamar Dagang Industri (KADIN) ke depan, Kadin mengadaka acara Rapat Korordinasi Nasional (RAKORNAS) Kadin Tahun 2017 guna  mensinergikan kebijakan Kadin dan kebijakan Pemerintah, serta menghimpun hasil masukan-masukan startegis dari Industri kepada pemerintah. Rakornas bertema "Pemerintah Bersama Dunia Usaha Mendorong Penciptaan Lapangan Kerja, Mengurangi Tingkat Kemiskinan, dan Kesenjangan" juga dihadiri jajaran pimpinan Kadin dari seluruh Indonesia, membahas tentang berbagai aspek di bidang ekonomi, perdagangan, dan industri.

Presiden Joko Widodo (Jokowi)  hadir pada acara  tersebut yang secara resmi menutup penyelenggaraan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kadin 2017 di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Selasa (3/10) yang dalam salah pesan pidatonya tentang pentingnya perananan ekonomi digital dimasa mendatang. Kedatangan Presiden Jokowi disambut Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, dan Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani.

Ada pun topik pembahasan pada acara RAKORNAS Th 2017  dibagi menjadi 14 kluster, di antaranya Sumber Daya Mineral (SDM), batubara, listrik, industri energi, minyak dan gas, energi terbarukan, dan lingkungan hidup‎. Selanjutnya, perbankan finansial & Pasar modal, moneter, fiskal & publik, investasi & Lembaga Penelitian, Pengembangan dan Pengkajian Ekonomi (LP3E). .

Sedangkan  Asosiasi Penyelenggara Multimedia Indonesia (APMI ) berserta Asosiasi ICT lainnya  hadir pada Kluster lima bidang perhubungan, logistik dan pengelolaan rantai pasok serta ICT dan ristek membahas bersama  dengan materi presentasi Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudi Antara dengan Ilham Habibi sebagai moderator. Klaster ini terfokus pada optimalisasi pemanfaatan ICT, infrastruktur dan konektivitas transportasi untuk mendukung daya saing Iogistik nasional dalam era ekonomi digital. Pesan penting dalam presentasinya dengan mendorong ekonomi digital pemerintah akan bisa memanfaatkan tenaga talenta melalui pemberdayaan tenaga vokasi yang salah satunya adalah penyaluran SMK kedalam infarstruktur yang akan dibangun pada pengembangan prasarana market place dari jaringan – jaringan akan dibangun seperti tol laut dan pelabuhan , hal ini tentunya dibutuhkan sistem informasi yang handal melalui platform informasi yang akan dibentuk dengan memperhatikan palapa ring.

Catatan penting dari APMI dari kegiatan RAKORNAS tersebut, pentingnya pemerintah untuk prioritas kebijakan teknologi informasi (IT Policy) satu atap beserta perangkat aturannya dan disertai   pemberdayaan tenaga talenta bidang teknologi informasi bagi industri dengan memperhatikan kedepan era ekonomi digital.

 

Rpp/APMI/XI/2017

 

 

 

Update Berita

Kegiatan Pembahasan Kelompok Kerja ICT pada RAKORNAS KADIN Tahun 2017

Dalam rangka menyelaraskan kebijakan dan langkah-langkah Kamar Dagang Industri (KADIN) ke depan, Kadin mengadaka acara ...

Pandangan Hukum CEO Diamond World Soal GO TV Kabel dan Chanel MNC Grup

NusantaraNews.co, Kepri – CEO Diamond World, Andi Kusuma SH. Mk.n angkat bicara terkait adanya tanggapan ...

Customer Service

Ada Pertanyaan? Silahkan menghubungi customer service kami:

Rio Pancaputra

Hubungi Kami

  • Alamat Kami:
    Menara Multimedia Lantai 15 Jl. Kebon Sirih No. 12 Jakarta Pusat 10340
  • +62213860500, +6285102435089
  • 08158802929
  • riopanca@gmail.com, riopanca@apmi.or.id