Indonesia English

DISKUSI AKHIR TAHUN MASTEL Tahun 2022

Ditulis pada Senin, 26 Desember 2022 | Kategori: Kegiatan | Dilihat 604 kali

Jakarta,  22 Desember 2022

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-29, Masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL) menyelenggarakan Diskusi Akhir Tahun 2022 dengan tema “Digital Transformation Outlook: Closing The

Gap of Equitability, Competency, Security & Productivity – G20 to Reality” . Kegiatan yang diadakan Pada Hari: Kamis , Tanggal: 22 Desember 2022  dibuka oleh Ketua Umum MASTEL Sarwoto Atmosutarto sekaligus meresmikan E Book MASTEL dan Peluncuran TV MASTEL Re Born dengan disertai Pemotongan Tumpeng HUT Ke 29 MASTEL.

Kegiatan HUT Ke 29 Masyarakat yang di isi dengan Diskusi Akhir  dibuka dengan Keynote Speech oleh Mira Tayiba, Sekretaris Jendral Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan materi yang dibawa dari Digital Economic Working Group (DEWG) Presidensi G20 Indonesia dengan memaparkan materi inklusifitas dan pemberdayaan digital yang berkelanjutan, beberapa poin yang disamapaikan dari Key notespeech yang disampaikan meliputi :

  1. Infrasruktur DigitalMeningkatkan akses jaringan 4G di wilayah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T) melalui :
  • Pembangunan base transceiver station (BTS)
  • Pemanfaatan Palapa Ring
  • Pengembangan satelit multifungsi SATRIA-I
  1. Penerapan Pemerintahan Digital dengan memulai pembangunan Pusat Data Nasional (PDN) untuk memperkuat integrasi Satu Data Indonesia serta dengan senantiasa menjaga agar ruang digital dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara produktif, sehat, dan aman.
  2. Pengembangan Ekonomi Digital melalui perluasan program UMKM digital dan pengembangan perusahaan rintisan (startup) local.
  3. Pengembangan Masyarakat Digital melalui  pengembangan SDM digital melalui program literasi digital, keterampilan teknis di bidang digital, hingga kepemimpinan digital baik melalui pendidikan formal ataupun non-formal

Pada acara diskusi tersebut Ketua Umum MASTEL juga memberikan perkembangan data terkait G20 Digitalization bahwa pemanfaatan internet sudah melampaui angka 202 Juta pengguna internet dengan nilai ekonomi yang sudah mencapai 142 Billion USD akan tetapi hal ini masih megalami hambatan dengan terkendalanya Level of Readinesse and Connectivity, Poor Digital Infrastructur, Lack Policy Framework dan Shortage of Digital Skill. Akan tetapi nilai positif dari penggunaan internet telah tumbuh kembang menacapai angka rata2 21, 2% di tahun 2020 dan disertai Pendapatan revenue dari E Commerce yang telah mencapai 30,3 Billion USD dengan laju pertumbuha 13,2 % sampai dengan Tahun 2021.

Beberapa Nara Sumber juga turut mengisi acara diskusi  anatara lain ; Mohamad Rosidi, Director of ICT Strategy & Business Huawei Indonesia, M. Fajrin Rasyid  Chief of Digital and Innovation officer PT Telekomunikasi Indonesia dan Prof. Dr. Eng. Khoirul Anwar, ST., M.Eng Telkom University memberikan sumbangan pemaparan berupa ;

  1. Pemannfaatan  dan Iplementasi Jaringan 5 G di beberapa negara oleh Huawei
  2. Meningkatkan Transformasi Digital bagi ekononomi dan kedaulatan negara melalui pembangunan Data Center , Pembangunan Jaringan infrastruktur digital dan memperkecil gap digital talent oleh PT Telekomunikasi Indonesia TBK
  3. Kajian Penelitian Implementasi  5G  dan 6G oleh Telkom University.

Catatan dari kesertaan Acara HUT ke 29 memberikan gambaran besarnya peran serta MASTEL selama 29 tahun yang patut dihargai dalam membangun kolaborasi bagi anggotanya dan sebagai satu – satu yang organisasi berkompeten dibidang teknologi informasi guna mewakili setiap informasi dan wajah dinamika pembangunan Teknologi Informasi di Indonesia,” Dirgahayu MASTEL ke 29”

Rpp/APMI/HUT_MASTEL/XII/2022

 

Update Berita

Indonesia State Of Piracy 2023

Indonesia State Of Piracy 2023

Park Hyatt, Jakarta – 30 Agustus 2023 Indonesia State of Piracy 2023 merupakan pertemuan yang diadakan ...

Hubungi Kami

  • Alamat Kami:
    Menara Multimedia Lantai 15 Jl. Kebon Sirih No. 12 Jakarta Pusat 10340
  • +62213860500,
  • riopanca@gmail.com, riopanca@apmi.or.id